BERHALA GEMBOK CINTA



gembok cinta, jembatan cinta
gembok cinta


Berhala gembok cinta. Taman Balai Kota Bandung semakin cantik dan hijau setelah direnovasi oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil. Taman itu semakin indah dengan lampu-lampu yang menyala indah pada waktu malam hari, tanaman bunga yang kembali tertata dan air mancur kolam badak putih yang kembali berfungsi.

Yang unik, ditengah-tenah taman tersebut terdapat kawat ram dengan konstruksi besi berukuran dua setengah meter persegi dan tinggi kira-kira 2 meteran dan diatasnya terdapat huruf LOVE berwarna merah yang cukup menarik dan cantik. Konstruksi atau bangunan tersebut diberi nama "Gembok Cinta".  Gembok tersebut memang mengadopsi dari luar negeri konsepnya, seperti Pont de l''Archeveche di Paris Perancis yang termashur, sperti di Huang Shan, China, Nam San Tower, Kores selatan, Jembatan Luzhkov, Mowkow dan jembatan Cologne di Jerman..

Jembatan cinta di luar negeri memang menarik, di Indonesiapun hal tersebut bisa meningkatkan pariwisata atau minimal membuat orang datang hanya sekedar untuk melihat, dan buat ABG yang sedang kasmaran hal tersebut sangat menarik. Khususnya ABG labil yang terpengaruh budaya eropa.

Mungkin sebagian orang mengatakan, "gantungkan gembokmu supaya cintamu tergembok abadi". Lalu apa hubungannya gembok dengan cinta? Mungkin orang yang pro dengan gembok cinta akan mengatakan bahwa gembok cinta tersebut hanyalah sekedar perlambang. Tapi menurut saya hal tersebut riskan dan menjadikan gembok cinta sebagai berhala. Maksudnya disini, orang akan berharap pada gembok yang tidak punya kekuatan tersebut supaya cinta pasangannya tergembok abadi.

gembok cinta, jembatan cinta
gembok cinta
Jangankan gembok, batu hajar aswad saja tidak punya kekuatan, apalagi sekedar gembok. Yang punya pikiran yang terang tentu tahu pada siapa dia berharap ( bukan pada gembok) namun yang tidak tahu atau kurang pengetahuannya akan termakan dan memasang gembok dan berharap cintanya seperti gemboknya. Jujur  saja kadang secara tidak sengaja pikiran kita jaruh pada gembok tersebut walaupun gembok tersebut hanyalah sebagai perlambang.

Bagi saya perlambang gembok-gembokan tersebut sama sekali tidak berguna. Lihat saja dimana banyak orang yang berharap pada gembok cinta di Paris, akhirnya jembatan gembok cinta tersebut runtuh. Tak usahlah main gembok-gembokkan, takut kita secara tidak sadar berharap pada keabadian gembok tersebut dan akhirnya secara tidak sadar menduakan Allah, atau musyrik.

Mending taman tersebut di rubah konsepnya dengan konsep lain yang lebih menarik namun aman dari berhala gembok cinta. Masih banyak lagi cara untuk membuat taman menjadi menarik dan didatangi warga. Minimal adanya tempat bermain dan tempat olah raga yang aman dan nyaman, atau konsep lain terserah.

Hati-hati dengan berhala gembok cinta yang secara sadar atau tidak sadar melencengkan hati dan pikiran kita dari Allah dan berharap pada gembok cinta. Sesungguhnya keabadian adalah milik Allah maka berahraplah pada Allah. Allah tidak pernah berkarat seperti gembok cinta. Allah tidak pernah runtuh seperti jembatan cinta di Paris.

Di Paris dan di Eropa mulai juga fenomena menolak gembok cinta karena tradisi tersebut bersifat merusak. Walikota Paris, Anne Hidalgo, meminta warga Paris untuk membahas fenomena gembok cinta guna menemukan alternatif.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar